Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman konsep siswa, sehingga perlu diterapkan bahan ajar untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS matematika berbasis pendekatan kontekstual melalui metode penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif pada materi bilangan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VII Semester Ganjil SMPN 8 Tapung T.A 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Tapung. Objek penelitian adalah LKS berbasis pendekatan kontekstual melalui metode penemuan terbimbing. Sampel penelitian adalah kelas VII.B sebagai kelas eksperimen yang diterapkan LKS berbasis pendekatan kontekstual melalui metode penemuan terbimbing dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Media hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidaan 86,25% (valid) dan tingkat kepraktisan 82,43 % (praktis). Nilai