Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sehingga perlu dikembangkan bahan ajar untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika dengan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Kampar. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pendidikan media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji kelompok terbatas. Sedangkanobjek penelitian adalah LKS matematika denganmodelRelating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS matematika denganmodel Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT)dinyatakan kategorisangatvalid dengan persentase tingkat kevalidan 85,37%.Berdasarkan uji praktikalitas,LKS matematika denganmodel Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk kelompok kecildinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82,13%,untuk kelompok terbatas dinyatakan kategori sangat praktis dengan presentasetingkat kepraktisan86,37%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, LKS matematika dengan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) sudah memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 78,20% dinyatakan kategori sedang. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.