Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yang dilatar belakangi oleh sebagian besar hasil belajar kimia siswa kelas XI MAN Kampar yang masih rendah dengan nilai rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi FIRE-UP terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kampar. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu XI IPA1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan cara sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, wawancara, dokumentasi. Untuk mengetahui homogen atau tidaknya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji F dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung =2,90 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan strategi FIRE-UP terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kampar dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 11%. Kata Kunci: Strategi FIRE-UP, Hasil Belajar.