Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa, padahal kemampuan komunikasi matematis ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, karena dengan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik akan meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS )dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Siak Hulu di Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Negeri 1 Siak Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-J sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS berbasis Model Generative Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (90,63% ) dan sangat praktis (94,73% untuk kelompok kecil dan 88,66% untuk kelompok besar ). Sedangkan nilai sebesar 5,53 dan nilai pada taraf signifikan 5% sebesar 1,99 maka > atau 5,53 > 1,99, sehingga h diterima dan h ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis berbasis Model Generative Learning ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Model Generative Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis.