PENGEMBANGAN BUKU KARTUN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan buku kartun matematika berbasis kontekstual yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Setia Dharma Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 untuk kelompok kecil dan siswa kelas VII-2 untuk kelompok terbatas. Objek penelitian ini adalah buku kartun matematika berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas untuk mengetahui tingkat kevalidan produk, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk serta data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan buku kartun matematika berbasis kontekstual. Data diperoleh melalui proses validasi oleh validator, proses praktikalitas oleh siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Buku kartun matematika hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan 87,84% (sangat valid), tingkat kepraktisan 83,67% (sangat praktis) pada kelompok kecil dan 87% (sangat praktis) pada kelompok besar serta tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa 89.07% (sangat baik). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa buku kartun matatematika yang dikembangkan telah valid, praktis, dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Buku Kartun Matematika, Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.