PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumen siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah menengah kejuruan muhammadiyah 02 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah menengah kejuruan muhammadiyah 02 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumen siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah menengah kejuruan muhammadiyah 02 Pekanbaru, Populasinya adalah seluruh siswa di Sekolah menengah kejuruan muhammadiyah 02 Pekanbaru yang berjumlah 102 orang, karena populasinya melebihi 100 orang maka penulis menetapkan sampel sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh penulis adalah purposive sampling dan Pengumpulan data diambil melalui angket, dokumentasi dan observasi. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumen siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah menengah kejuruan muhammadiyah 02 Pekanbaru dengan kontribusi literasi keuangan terhadap perilaku konsumen siswa adalah 0.439X100% = 43,9% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain seperti faktor sosial budaya, psikologis, pribadi. Dimana ro (observasi ) = 0,663 bila dibandingkan dengan rtabel (tabel ) pada taraf signifikan 5% (0,663> 0,220 ) hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. ro (observasi ) = 0,663 bila dibandingkan dengan rtabel (tabel )pada taraf signifikan 1% (0,663> 0,286 ) hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumen siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah menengah kejuruan muhammadiyah 02 Pekanbaru. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Perilaku Konsumen