Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan evaluasi proses layanan bimbingan konseling oleh guru bimbingan konseling Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Pekanbaru, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan evaluasi proses layanan bimbingan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif. Informan utama penelitian ini adalah 3 orang guru bimbingan konseling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa dengan cara kualitatif kemudian disimpulkan secara naratif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi proses layanan bimbingan konseling oleh guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Pekanbaru adalah (1) Menetapkan tujuan evaluasi proses, (2) Menetapkan kriteria keberhasilan evaluasi proses, (3) Membuat desain evaluasi berbentuk laporan yang tidak terstruktur, (4) Menggunakan Laiseg yang bukan format resmi, (5) Memperhatikan partisipasi dan aktifasi siswa, menanyakan perasaan siswa dan menanyakan perolehan siswa. faktor pendukung (1) Latar belakang pendidikan, (2) Kerjasama dengan pihak lain (3) Mengikuti kegiatan MGBK. Hambatan yang muncul lebih dikarenakan oleh media yang kurang memadai seperti proyektor, laptop dan alat praga lainnya serta waktu yang kurang cukup. Kata kunci: Evaluasi Bimbingan Konseling, Evaluasi Proses Layanan Bimbingan dan Konseling