Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan teknik kuis tim terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dikelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya ada beberapa siswa yang nilainya tidak mencapai kkm yang telah di tetapkan sekolah yaitu 75, selain itu dalam penyampaian pembelajaran guru sering menggunakan strategi ekspositori. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan desainnonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 166 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sampel dalam penelitian ini siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V C sebagai kelas kontrol.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan test “t” yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan teknik kuis tim berpengaruh terhadap hasil belajar siswapadamatapelajaran ilmu pengetahuan sosial, hal ini dapatdiketahuibahwathitung = 3,0332 dan ttabel pada taraf signifikan 5%sebesar 2,01 dengan df=50. Dengan demikian thitung >ttabel, maka diputuskan bahwa Ho ditolak danHa diterima.Besar pengaruh penerapan teknik kuis tim terhadap hasil belajar siswadi kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru adalah 16,08%. Kata Kunci : Teknik Kuis tim, dan Hasil Belajar.