Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan Pengaruh Lesson Study terhadap Kompetensi Profesional Guru Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang ada di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini ada dua yaitu lesson study sebagai variabel X dan kompetensi profesional guru rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai variabel Y Populasinya adalah guru rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data diambil dengan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X dan variabel Y bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval, maka penulis menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS for windows versi 21.00 Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan lesson study terhadap Kompetensi profesional guru rumpun Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbau. Hasil tesebut berdasarkan nilai rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu sebesar 0,3550 dan 0,3009 atau (0,3550<0,644>0,3009), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Besar kontribusi pengaruh lesson study terhadap kompetensi profesional guru rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tergolong dalam kategori kuat dengan konstribusi 0,414 X 100% = 41,4%, yang menunjukkan bahwa semakin baik lesson study semakin baik pula kompetensi profesional guru rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sebaliknya, semakin buruk lesson study semakin buruk pula kompetensi profesional guru rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kata Kunci: Lesson Study, dan Kompetensi Profesional