PENGARUH KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAHKEJURUAN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas siswa pada mata pelajaran kewiraushaan di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru.Maka masalah penelitian dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pekanbaru yang terdiri dari 6 jurusan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh komunikasi guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Kreativitas siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan diSekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran kewirausahaan yang berjumlah dua orang dan seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pekanbaru yang berjumlah 681 orang dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pekanbaru yang berjumlah 87 siswa. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi.Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru dalam proses pembelajaran terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pekanbaru, hal ini dilihat dari rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau 0.213< 0.646> 0.278 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.Besarnya pengaruh komunikasi guru dalam proses pembelajaran terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran kewirausahaan sebesar 41.8% sedangkan sisanya sebesar 58.2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Komunikasi Guru, Kreativitas Siswa