UPAYA GURU MATA PELAJARAN AKUNTANSI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA DISEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru mata pelajaran akuntansi dalam mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru. Penelitian ini ditujukan kepada guru mata pelajaran akuntansi disekolah menengah kejuruan PGRI Pekanbaru yang berjumlah 2 orang dan sakaligus menjadi sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran akuntansi dan objeknya adalah upaya guru mata pelajaran akuntansi dalam mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisa menggunakan teknik kuantitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa upaya guru mata pelajaran akuntansi dalam mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) memperoleh pesersentase sebesar 71,4% dan upaya guru mata pelajaran akuntansi dalam mengembangkan kecerdasan spiritual (SQ) memperoleh pesersentase sebesar 77,1%.