Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi masih ada siswa yang juga sebagai anggota pramuka kurang disiplin dalam belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan pramuka terhadap disiplin belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Gunung Sahilan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang mengikuti pramuka ambalan dalam gugus depan 20-028/20-029 dengan populasi sebanyak 40 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis ex post facto. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini yaitu kegiatan pramuka, variabel terikat (Y) adalah disiplin belajar siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Total Sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan pramuka terhadap disiplin belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Gunung Sahilan. Hal. Adapun besar kontribusi yang disumbangkan kegiatan pramuka terhadap disiplin belajar siswa sebesar 20.8%, dan sisanya sebesar 79.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini,dapat diartikan bahwa semakin tinggi mengikuti kegiatan pramuka,maka semakin tinggi pula disiplin belajar siswa. Kata kunci: Kegiatan Pramuka, Disiplin Belajar.