PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU EKONOMI DALAM MEMBERI PENGUATAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian dan keaktifan siswa dalam belajar pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru ekonomi dalam memberi penguatan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 02 Pekanbaru yang berjumlah 102 orang, karena populasinya melebihi 100 orang maka penulis menetapkan sampel sebanyak 82 orang siswa menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru ekonomi dalam memberi penguatan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru ekonomi dalam memberi penguatan adalah “Baik” dengan persentase 65,98 % yang berada pada posisi 61%-80%. Kata Kunci : Persepsi siswa, Keterampilan Memberi Penguatan