PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru.Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa dalam belajar diantaranya, siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru, tidak mau bertanya ketika proses pembelajaran berlangsung dan hanya sebagian siswa yang tidak membuat catatan penting tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dan keaktifan belajar. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 50,54% setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 61,15%. Pada siklus II meningkat menjadi 80,09%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Kooperatif Two Stay Two Stray, Pendidikan Kewarganegaraan.