Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi, padahal guru ekonomi sudah melakukan komunikasi dengan baik dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangakalan Kuras. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI, sedangkan objeknya yaitu pengaruh komunikasi guru ekonomi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang terdiri dari 187 orang. Jumlah sampel yang diambil 127 siswa dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Persentase pengaruh variabel komunikasi guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 47,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Komunikasi Guru, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa