PENGARUH DISIPLIN KERJA GURU EKONOMI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 MANDAU
Daftar Isi:
- Mandau Penelitian yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja guru ekonomi dalam proses pembelajaran di kelas terhadap disiplin belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau, sedangkan objeknya adalah pengaruh disiplin kerja guru ekonomi dalam proses pembelajaran di kelas terhadap disiplin belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau yang berjumlah 630 orang sedangkan sampelnya ditarik sebesar 20% dengan jumlah 126 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purpose random sampling .Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik pengolahan data yang penulis gunakan adalah rumus regresi linear sederhana dan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS versi 20. Berdasarkan penyajian dan analisa data, diketahui bahwa disiplin kerja guru ekonomi dalam proses pembelajaran di kelas tergolong "Sangat Baik", yakni pada persentase 83,2 % didukung oleh hasil observasi yang juga tergolong "Sangat Baik", yakni pada persentase 81,4 % dan untuk disiplin belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau diketahui tergolong "Sangat Baik" yakni pada persentase 81,8%, di dukung oleh hasil observasi yang juga tergolong "Sangat Baik", yakni pada persentase 81,06 %. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja guru dalam proses pembelajaran di kelas terhadap disiplin belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rxy 0, 951 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5 % (0,951>0,175) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Besarnya pengaruh atau kontribusi variabel disiplin kerja guru dalam proses pembelajaran di kelas terhadap variabel disiplin belajar siswa adalah sebesar 90,4%, sedangkan sisanya yaitu 9,6 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci : Disiplin Kerja Guru, Disiplin Belajar Siswa