PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya Keterampilan berpikir kritis siswa belum maksimal, yang mana guru telah menerapkan strategi pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi kelas X dan siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 66 siswa sedangkan guru ekonomi berjumlah 1 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan korelasi regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Hal ini dilihat dari r hitung > r tabel(0,244 <0,681>0,317). Adapun persentase sumbangan pengaruh penerapan strategi pembelajaran interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 46,4% sedangkan sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Kata Kunci: Strategi Interaktif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Siswa