PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU EKONOMI TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menetahui pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru ekonomi terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa yang terlibat dalam pembelajaran ekonomi. Objek penelitian ini adalah pengaruh komunikasi interpersonal guru ekonomi terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah teknik korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rhitung > rtabel pada taraf signifikansi 5% dan 1% (0,191 < > 1 1) yang berarti Ha “diterima” dan Ho “ditolak” dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru ekonomi terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Besarnya persentase pengaruh komunikasi interpersonal terhadap perilaku belajar siswa sebesar 39,5%, sedangkan sisanya sebesar 60,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Perilaku Belajar, Ekonomi