Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru sudah menerapkan strategi active learning tipe true or false, namun keaktifan belajar siswa belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan teori mengatakan strategi active learning tipe true or false dirancang adalah untuk menjadikan siswa aktif dari awal. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan strategi active learning tipe true or false terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fikih dan seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, tahun pelajaran 2016/2017. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi active learning tipe true or false terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 351 siswa yang terdiri dari 11 lokal. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditetapkan kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Chi Kuadrat ( 2). Berdasarkan hasil dari analisis data menggunakan chi square, diperoleh χ2 hitung = 50,530 dan dengan df = 29 diperoleh χ2 tabel pada taraf signifikan 5% = 42,56 dan pada taraf signifikan 1% = 49,59. Hal tersebut berarti bahwa nilai χ2 hitung > χ2 tabel baik pada taraf signfikan 5% maupun 1% atau 42,56 < 50,530 > 49,59 dan berdasarkan nilai signifikan (Asymp. Sig. (2sided)) juga menunjukkan nilai sebesar 0,008 < 0,05) maka diputuskan bahwa ditolak diterima. Ini artinya terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa, antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Dan dengan adanya perbedaan keaktifan belajar tersebut, maka hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi active learning tipe true or false terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Active Learning Tipe True or False dan Keaktifan Belajar Siswa