PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TRIPLE CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi kooperatif tipe triple check dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA kelas IV Sekolah Dasar Muhammadia 036 Gobah, Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV belum mencapai nilai KKM yang di terapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah Kecamatan tambang Kabupaten kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah strategi Triple Check. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan dan analisis data membuktikan bahwa strategi triple check dapat meningkankan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dari hasil sebelum tindakan ketuntasan hasil belajar siswa hanya 37,5%, setelah dilaksanakan pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 71,29% pada siklus II ketuntasan siswa menjadi 81%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan hasil belajar ssiwa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan strategi Triple Check dikatakan berhasil.