Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode Doll Speak di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam belajar, diantaranya, kurang memperhatikan terhadap materi yang di sampaikan oleh guru, kurang mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, siswa bermain-main saat guru menerangkan materi pelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Doll Speak dan aktivitas belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode pembelajaran Doll Speak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan rata-rata persentase 41,67%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 60,32%. Pada siklus II meningkat menjadi 80,16%. Dengan demikian metode Doll Speak dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Doll Speak, Ilmu Pengetahuan Alam