Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan strategi learning start with a question disertai model make a match terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X SMA Negeri 1 Kepenuhan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sehingga didapat dua kelas uji yaitu kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan uji homogenitas sebagai data awal, dokumentasi, pretest dan posttest sebagai data akhir. Analisis data akhir pada penelitian menggunakan uji-t. Hasil perhitungan analisis data akhir diperoleh nilai thitung = 3,06 dan ttabel = 2,02 dengan taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran learning start with a question disertai model make a match berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kepenuhan dengan koefisien pengaruh sebesar 17%. Kata kunci: Learning Start With A Question (LSQ), Make A Match, Prestasi Belajar, Hidrokarbon