Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimium (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) berbantuan mind mapp terhadap hasil belajar kimia siswa SMA N 2 Tambang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X 10 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) berbantuan mind mapp dan kelas X9 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaraan konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji homogenitas untuk data awal, dokumentasi, pretest dan posttest untuk data akhir. Analisis data akhir pada penelitian menggunakan uji t-test. Hasil perhitungan analisis data akhir diperoleh nilai t-hitung = 2,21 dengan menggunakan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai t-tabel = 2,00. Hal ini menunjukkan t-hitung>t-tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) berbantuan mind mapp terhadap hasil belajar kimia SMAN 2 Tambang Kata kunci: Model Pembelajarn Siklus Belajar, Mind Mapp, Hasil Belajar.