PENGARUH LAYANAN ORIENTASI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh layanan orientasi terhadap penyesuaian diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh layanan orientasi sudah terlaksana tetapi kemampuan penyesuaian diri siswa masih rendah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh layanan orientasi terhadap penyesuaian diri siswa/i kelas XI IPA yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 166 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa/i yang tergolong penyesuaian dirinya rendah berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan lalu dianalisis dengan teknik kuantitatif dan teknik korelasi regresi linier dengan dibantu program SPSS 21.0. Berdasarkan teknik korelasi regresi linier dengan dibantu program SPSS 21.0 di peroleh nilai hitung sebesar 0,462. Pada taraf signifikan 5% = 0,273% dan pada taraf 1% = 0,354%. Besar persentase pengaruh layanan orientasi terhadap penyesuaian diri siswa sebesar 21,4%. Sedangkan sisanya sebesar 78,9% dipengaruhi oleh vaariabel lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan orientasi terhadap penyesuian diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Kata Kunci : Layanan Orientasi, Penyesuian Diri