Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan konformitas positif siswa (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi konformitas positif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang terdiri atas: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan konformitas positif siswa dapat dilihat dari hasil wawancara dan hasil observasi yang penulis lakukan diantaranya: (1) guru bimbingan konseling telah melakukan identifikasi kebutuhan siswa sesuai dengan langkah-langkah perencanaan layanan informasi tentang materi konformitas positif siswa. (2) guru bimbingan konseling telah mengaktifkan peserta layanan informasi dengan cara mengajak siswa berinteraksi dan berkomunikasi sesuai dengan pelaksanaan layanan informasi tentang konformitas positif siswa. (3) guru bimbingan konseling membuat kelompok belajar agar siswa mengetahui konformitas positif dan bagaimana cara bergaul dengan baik. (4) guru bimbingan konseling melaksanakan layanan informasi tentang konformitas positif sehingga siswa mematuhi peraturan yang di buat oleh sekolah. (5) guru bimbingan konseling melaksanakan layanan informasi tentang manfaat ekskul, sehingga siswa memiliki keinginan untuk mengikuti kegiatankegiatan positif yang ada disekolah. (6) guru bimbingan konseling telah menyusun laporan dan menyampaikan kepada pihak terkait dengan bentuk tulisan dan lisan yang berbentuk RPL dan laporan program. Sedangkan faktor internal pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan konformitas positif siswa diantaranya: (1) kemampuan guru bimbingan konseling, yang meliputi pengalaman, sifat dan sikap yang baik.(2) Kerjasama, yang meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru kelas, dan orang tua, dalam meningkatkan konformitas positif siswa.sedangkan faktor eksternal diantaranya (1) Sarana dan prasarana, yang meliputi Rencana Pembelajaran Layanan, penilaian proses, penilaian hasil, fasilitas layanan bimbingan konseling. Kata kunci: Layanan Informasi, Konformitas.