TEHNIK GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP POSITIF SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini adalah “Tehnik Guru Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Sikap Positif Siswa Mengikuti Layanan Konseling Individual Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tehnik guru bimbingan konseling dalam mengembangkan sikap positif siswa mengikuti layanan konseling individual dan faktor dominan guru bimbingan konseling dalam mengembangkan sikap positif siswa mengikuti layanan konseling individual di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tehnik guru bimbingan konseling dalam mengembangkan sikap positf siswa mengikuti layanan konseling individual di SMP Negeri 10 Pekanbaru sebagai berikut : Memberikan arahan kepada siswa dalam mengembangkan sikap positif siswa mengikuti layanan konseling individual, Menganalisis dan Menafsirkan data siswa guna mendapatkan suatu rencana tindakan bimbingan, Melakukan kerjasama dengan wali kelas dan guru-guru mata pelajaran lainnya, Membagikan angket yang berhubungan dengan sikap positif siswa mengikuti layanan konseling individu. Sedangkan faktor dominan guru bimbingan konseling dalam mengembangkan sikap positif siswa mengikuti layanan konseling individual di SMP Negeri 10 Pekanbaru adalah: Faktor internal seperti: pendidikan guru bimbingan konseling yang sesuai dengan bidang yang digelutinya, kemampuan guru bimbingan konseling, serta adanya kerjasama dengan pihak lain, Faktor eksternal seperti: fasilitas/sarana dan prasarana, dan waktu. Kata Kunci: Sikap Positif Siswa, Layanan Konseling Individual.