PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DWI SEJAHTERA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Dwi Sejahtera Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling seadanya dengan kelas VII-2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan Uji-t dan Anova Dua Arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eskperimen tetapi tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci : Snowball Throwing, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemampuan Awal Matematika.