PELAYANAN AKADEMIK MA DRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)
Main Author: | Azhar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1142/1/2011_201165.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1142/ |
ctrlnum |
1142 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1142/</relation><title>PELAYANAN
AKADEMIK
MA
DRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK
DALAM PERSPEKTIF
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
(TQM)</title><creator>Azhar, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian Ini berjudul
PERANAN
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
DALAM
MENINGKATKAN
PELAYANAN AKADEMIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUALA
ENOK
KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
”
.
Dalam penelitian ini ada beberapa gejala
permasalahan yaitu
(1)
Rendahnya mutu dan kualitas pelayanan akademik yang diberikan
madrasah kepada pelanggan baik guru maupu
n
siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kuala
Enok di Kabupaten Indragiri Hilir. (2) Lemahnya manajemen mutu dan kualitas di
Madrasah Aliyah di Kabupaten Indragiri Hilir. (3) Persepsi masyarakat terhadap lembaga
pendidikan Islam di Kuala Enok di Kabupaten Indra
giri Hilir. (4)
Image
madrasah sebagai
satuan pendidikan alternatif (kedua), sehingga mempengaruhi minat masyarakat untuk
memilih madrasah sebagai sarana pendidikan.
Adapun rumusan masa
lah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peranan
Total Quality Ma
nagement Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik di Madrasah Aliyah
Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir.
Sementara,
manfaat penelitian adalah (1)
Manfaat secara teoritis dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan terhadap
perkembangan ilmu pendidikan, terutama berkaitan dengan Manajemen Pendidikan Islam;
(2) Dapat dijadikan sebagi acuan bagi semua lembaga pendidikan termasuk lembaga
pendidikan
Islam untuk lebih berorientasi pada kualitas serta kepuasan pelanggan baik
secara internal maupun eksternal, dan (3) Manfaat secara praktis adalah memberi
informasi untuk memuaskan dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan Madrasah
Aliyah Negeri Kuala E
nok di Kabupaten Indragiri Hilir, khususnya di bidang pelayanan bagi
guru dan karyawan. Lebih dari itu, diharapkan ada pemecahan
–
pemecahan yang mungkin
diterapkan untuk penyelesaian masalah ketidakpuasan atau kekurangpuasan mereka
Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan
(
field reseach
), yang dilaksanakan di
Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir.
Subjek dalam penelitian
adalah
siswa Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir, sementara
objek penelitiannya adalah
pe
layanan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok
Kabupaten Indragiri Hilir.
Populasi adalah seluruh siswa yang berjumlah 160 orang.
Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah teknik
random sampling,
sehingga sampel penelit
ian berjumlah
62 orang.
Adapun teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data di lapang melalui teknik observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, selanjutnya dilakuka
n analisis
bersifat deskriptif.
Setalah data terkumpul, dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil
, yaitu:
berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dengan menggunakan rumus di atas, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa
Total Quality Management
(TQM) berperan dalam
meningkatkan pelaya
nan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten
Indragiri Hilir. Pelayanan akademik dan Manajemen Akademik di MAN Kuala Enok
Kabupaten Indragiri Hilir dalam perspektif
Total Quality Management
(TQM) adalah baik
.
Dimana, dari analisis persentase
81,32%
.
Berdasarkan analisis persentase
di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
Total
Quality Management
Berperan Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik di
Madrasah
Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir
. Karena persentase tersebut
terletak
antara 76%
-
100% yang dinyatakan baik</description><date>2011-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1142/1/2011_201165.pdf</identifier><identifier> Azhar, (2011) PELAYANAN AKADEMIK MA DRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1142</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Azhar, |
title |
PELAYANAN
AKADEMIK
MA
DRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK
DALAM PERSPEKTIF
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
(TQM) |
publishDate |
2011 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1142/1/2011_201165.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1142/ |
contents |
Penelitian Ini berjudul
PERANAN
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
DALAM
MENINGKATKAN
PELAYANAN AKADEMIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUALA
ENOK
KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
”
.
Dalam penelitian ini ada beberapa gejala
permasalahan yaitu
(1)
Rendahnya mutu dan kualitas pelayanan akademik yang diberikan
madrasah kepada pelanggan baik guru maupu
n
siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kuala
Enok di Kabupaten Indragiri Hilir. (2) Lemahnya manajemen mutu dan kualitas di
Madrasah Aliyah di Kabupaten Indragiri Hilir. (3) Persepsi masyarakat terhadap lembaga
pendidikan Islam di Kuala Enok di Kabupaten Indra
giri Hilir. (4)
Image
madrasah sebagai
satuan pendidikan alternatif (kedua), sehingga mempengaruhi minat masyarakat untuk
memilih madrasah sebagai sarana pendidikan.
Adapun rumusan masa
lah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peranan
Total Quality Ma
nagement Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik di Madrasah Aliyah
Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir.
Sementara,
manfaat penelitian adalah (1)
Manfaat secara teoritis dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan terhadap
perkembangan ilmu pendidikan, terutama berkaitan dengan Manajemen Pendidikan Islam;
(2) Dapat dijadikan sebagi acuan bagi semua lembaga pendidikan termasuk lembaga
pendidikan
Islam untuk lebih berorientasi pada kualitas serta kepuasan pelanggan baik
secara internal maupun eksternal, dan (3) Manfaat secara praktis adalah memberi
informasi untuk memuaskan dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan Madrasah
Aliyah Negeri Kuala E
nok di Kabupaten Indragiri Hilir, khususnya di bidang pelayanan bagi
guru dan karyawan. Lebih dari itu, diharapkan ada pemecahan
–
pemecahan yang mungkin
diterapkan untuk penyelesaian masalah ketidakpuasan atau kekurangpuasan mereka
Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan
(
field reseach
), yang dilaksanakan di
Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir.
Subjek dalam penelitian
adalah
siswa Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir, sementara
objek penelitiannya adalah
pe
layanan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok
Kabupaten Indragiri Hilir.
Populasi adalah seluruh siswa yang berjumlah 160 orang.
Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah teknik
random sampling,
sehingga sampel penelit
ian berjumlah
62 orang.
Adapun teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data di lapang melalui teknik observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, selanjutnya dilakuka
n analisis
bersifat deskriptif.
Setalah data terkumpul, dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil
, yaitu:
berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dengan menggunakan rumus di atas, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa
Total Quality Management
(TQM) berperan dalam
meningkatkan pelaya
nan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten
Indragiri Hilir. Pelayanan akademik dan Manajemen Akademik di MAN Kuala Enok
Kabupaten Indragiri Hilir dalam perspektif
Total Quality Management
(TQM) adalah baik
.
Dimana, dari analisis persentase
81,32%
.
Berdasarkan analisis persentase
di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
Total
Quality Management
Berperan Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik di
Madrasah
Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir
. Karena persentase tersebut
terletak
antara 76%
-
100% yang dinyatakan baik |
id |
IOS7815.1142 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:04Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821880440160256 |
score |
17.538404 |