PELAYANAN AKADEMIK MA DRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)

Main Author: Azhar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1142/1/2011_201165.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1142/
ctrlnum 1142
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1142/</relation><title>PELAYANAN&#xD; AKADEMIK&#xD; MA&#xD; DRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK&#xD; DALAM PERSPEKTIF&#xD; TOTAL QUALITY MANAGEMENT&#xD; (TQM)</title><creator>Azhar, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian Ini berjudul&#xD; PERANAN&#xD; TOTAL QUALITY MANAGEMENT&#xD; DALAM&#xD; MENINGKATKAN&#xD; PELAYANAN AKADEMIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUALA&#xD; ENOK&#xD; KABUPATEN INDRAGIRI HILIR&#xD; &#x201D;&#xD; .&#xD; Dalam penelitian ini ada beberapa gejala&#xD; permasalahan yaitu&#xD; (1)&#xD; Rendahnya mutu dan kualitas pelayanan akademik yang diberikan&#xD; madrasah kepada pelanggan baik guru maupu&#xD; n&#xD; siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kuala&#xD; Enok di Kabupaten Indragiri Hilir. (2) Lemahnya manajemen mutu dan kualitas di&#xD; Madrasah Aliyah di Kabupaten Indragiri Hilir. (3) Persepsi masyarakat terhadap lembaga&#xD; pendidikan Islam di Kuala Enok di Kabupaten Indra&#xD; giri Hilir. (4)&#xD; Image&#xD; madrasah sebagai&#xD; satuan pendidikan alternatif (kedua), sehingga mempengaruhi minat masyarakat untuk&#xD; memilih madrasah sebagai sarana pendidikan.&#xD; Adapun rumusan masa&#xD; lah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peranan&#xD; Total Quality Ma&#xD; nagement Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik di Madrasah Aliyah&#xD; Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir.&#xD; Sementara,&#xD; manfaat penelitian adalah (1)&#xD; Manfaat secara teoritis dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan terhadap&#xD; perkembangan ilmu pendidikan, terutama berkaitan dengan Manajemen Pendidikan Islam;&#xD; (2) Dapat dijadikan sebagi acuan bagi semua lembaga pendidikan termasuk lembaga&#xD; pendidikan&#xD; Islam untuk lebih berorientasi pada kualitas serta kepuasan pelanggan baik&#xD; secara internal maupun eksternal, dan (3) Manfaat secara praktis adalah memberi&#xD; informasi untuk memuaskan dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan Madrasah&#xD; Aliyah Negeri Kuala E&#xD; nok di Kabupaten Indragiri Hilir, khususnya di bidang pelayanan bagi&#xD; guru dan karyawan. Lebih dari itu, diharapkan ada pemecahan&#xD; &#x2013;&#xD; pemecahan yang mungkin&#xD; diterapkan untuk penyelesaian masalah ketidakpuasan atau kekurangpuasan mereka&#xD; Penelitian ini merupakan&#xD; penelitian lapangan&#xD; (&#xD; field reseach&#xD; ), yang dilaksanakan di&#xD; Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir.&#xD; Subjek dalam penelitian&#xD; adalah&#xD; siswa Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir, sementara&#xD; objek penelitiannya adalah&#xD; pe&#xD; layanan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok&#xD; Kabupaten Indragiri Hilir.&#xD; Populasi adalah seluruh siswa yang berjumlah 160 orang.&#xD; Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah teknik&#xD; random sampling,&#xD; sehingga sampel penelit&#xD; ian berjumlah&#xD; 62 orang.&#xD; Adapun teknik yang&#xD; digunakan dalam pengumpulan data di lapang melalui teknik observasi, angket,&#xD; wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, selanjutnya dilakuka&#xD; n analisis&#xD; bersifat deskriptif.&#xD; Setalah data terkumpul, dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil&#xD; , yaitu:&#xD; berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dengan menggunakan rumus di atas, maka&#xD; dapat ditarik kesimpulan bahwa&#xD; Total Quality Management&#xD; (TQM) berperan dalam&#xD; meningkatkan pelaya&#xD; nan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten&#xD; Indragiri Hilir. Pelayanan akademik dan Manajemen Akademik di MAN Kuala Enok&#xD; Kabupaten Indragiri Hilir dalam perspektif&#xD; Total Quality Management&#xD; (TQM) adalah baik&#xD; .&#xD; Dimana, dari analisis persentase&#xD; 81,32%&#xD; .&#xD; Berdasarkan analisis persentase&#xD; di atas, maka dapat disimpulkan bahwa&#xD; Total&#xD; Quality Management&#xD; Berperan Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik di&#xD; Madrasah&#xD; Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir&#xD; . Karena persentase tersebut&#xD; terletak&#xD; antara 76%&#xD; -&#xD; 100% yang dinyatakan baik</description><date>2011-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1142/1/2011_201165.pdf</identifier><identifier> Azhar, (2011) PELAYANAN AKADEMIK MA DRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1142</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Azhar,
title PELAYANAN AKADEMIK MA DRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)
publishDate 2011
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/1142/1/2011_201165.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1142/
contents Penelitian Ini berjudul PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN AKADEMIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR ” . Dalam penelitian ini ada beberapa gejala permasalahan yaitu (1) Rendahnya mutu dan kualitas pelayanan akademik yang diberikan madrasah kepada pelanggan baik guru maupu n siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok di Kabupaten Indragiri Hilir. (2) Lemahnya manajemen mutu dan kualitas di Madrasah Aliyah di Kabupaten Indragiri Hilir. (3) Persepsi masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam di Kuala Enok di Kabupaten Indra giri Hilir. (4) Image madrasah sebagai satuan pendidikan alternatif (kedua), sehingga mempengaruhi minat masyarakat untuk memilih madrasah sebagai sarana pendidikan. Adapun rumusan masa lah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peranan Total Quality Ma nagement Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Sementara, manfaat penelitian adalah (1) Manfaat secara teoritis dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan terhadap perkembangan ilmu pendidikan, terutama berkaitan dengan Manajemen Pendidikan Islam; (2) Dapat dijadikan sebagi acuan bagi semua lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan Islam untuk lebih berorientasi pada kualitas serta kepuasan pelanggan baik secara internal maupun eksternal, dan (3) Manfaat secara praktis adalah memberi informasi untuk memuaskan dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan Madrasah Aliyah Negeri Kuala E nok di Kabupaten Indragiri Hilir, khususnya di bidang pelayanan bagi guru dan karyawan. Lebih dari itu, diharapkan ada pemecahan – pemecahan yang mungkin diterapkan untuk penyelesaian masalah ketidakpuasan atau kekurangpuasan mereka Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field reseach ), yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek dalam penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir, sementara objek penelitiannya adalah pe layanan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi adalah seluruh siswa yang berjumlah 160 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah teknik random sampling, sehingga sampel penelit ian berjumlah 62 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapang melalui teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, selanjutnya dilakuka n analisis bersifat deskriptif. Setalah data terkumpul, dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil , yaitu: berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dengan menggunakan rumus di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Total Quality Management (TQM) berperan dalam meningkatkan pelaya nan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Pelayanan akademik dan Manajemen Akademik di MAN Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir dalam perspektif Total Quality Management (TQM) adalah baik . Dimana, dari analisis persentase 81,32% . Berdasarkan analisis persentase di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Total Quality Management Berperan Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir . Karena persentase tersebut terletak antara 76% - 100% yang dinyatakan baik
id IOS7815.1142
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:04Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:04Z
recordtype dc
_version_ 1674821880440160256
score 17.538404