PENERAPAN STRATEGI IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs PP.YHM. PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Eryani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/11407/1/2010_2010331PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/11407/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa MTs PP Hidayatul Ma’rifiyah Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan melalui strategi IMPROVE. IMPROVE adalah singkatan dari Introducing the new concepts, Metacognitive questionings, Practicing, Reviewing and reducing difficulties,Obtaining mastery, Verification, and Enrichment Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 MTs PP Yayasan Hidayatul Ma’rifiyah Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan semester genap tahun ajaran 2009/2010. Pokok bahasan yang digunakan yaitu himpunan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali dengan tindakan. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan melihat nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 59.77, siklus 2 adalah 63.40, dan siklus 3 adalah 67.04 yang mengalami peningkatan secara signifikan sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi IMPROVE dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII 1 MTs PP Yayasan Hidayatul Ma’rifiyah Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.