UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Main Author: Maria Husna,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/11405/1/2010_201095KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/11405/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya guru pembimbing dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi upaya guru pembimbing dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 orang guru pembimbing di SMA Negeri 12 kota Pekanbaru. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah upaya guru pembimbing dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi dan wawancara. Data observasi dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Data wawancara dianalisa dengan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan upaya guru pembimbing dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan persentase berkisar antara 040%. Maka dapat Dilihat dari hasil observasi terhadap guru pembimbing masih adanya guru pembimbing yang tidak mendata siswa yang nakal, dalam memberikan layanan konseling individual kurang sesuai dengan tahapan-tahapan dalam konseling individual tersebut, dan guru pembimbing kurang memberikan layanan konseling dalam menanggulangi kenakalan siswa. Ini berarti upaya yang dilakukan “tidak baik” Hasil temuan tentang faktor yang mempengaruhi upaya guru pembimbing dalam menanggulangi kenakalan siswa adalah: a. Faktor kepribadian guru pembimbing. b. Faktor pengalaman dan pengetahuan guru pembimbing. c. Faktor tingkat pendidikan guru pembimbing.