PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs AL-MUHAJIRIN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Adityawarman Hidayat, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/11396/1/2010_2010313PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/11396/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Al Muhajirin Tapung Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Tapung Kabupaten Kampar pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 31 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Peneliti memberikan skor untuk setiap soal yang mencakup keseluruhan indikator dari pemahaman konsep matematika. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes pemahaman konsep matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 31 siswa yaitu 6 siswa tuntas dan 25 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 19,35%. Sedangkan hasil tes pemahaman konsep matematika dengan penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual 27 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 87,09%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Tapung Kabupaten Kampar.