EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DENGAN MEMAKAI KOMPUTER UNTUK PENINGKATAN KEMAHIRAN TAKALLUM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP SISWA KELAS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK BANGKINANG
Main Author: | Erwinda, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/11350/1/2010_2010346PBA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/11350/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan takallum antara siswa yang diajarkan menggunakan metode langsung dengan memakai komputer dengan siswa yang diajarkan tidak menggunakan metode langsung dengan memakai komputer dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Kuok Bangkinang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 MAN Kuok. Dan objeknya adalah Efektifitas Penggunaan Metode Langsung Dengan Memakai Komputer Untuk Peningkatan Kemahiran Takallum Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 1 Madrasah Aliyah Negeri Kuok Bangkinang. Penelitian menggunakan Test dan Observasi dalam mengumpulkan data. Test tersebut dilaksanakan sebelum menggunakan metode eksperimen (menggunakan metode langsung dengan memakai komputer) dan sesudah menggunakan metode tersebut. Dan observasi dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus : X 100 % F P N = 0 T 2 2 1 1 N - + N - = M -M SDx SDy x y Dari analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan takallum siswa yang diajarkan menggunakan metode langsung dengan memakai komputer dan siswa yang diajar tidak menggunakan metode langsung dengan memakai komputer. Karena nilai To= 3,79 lebih besar dari Tt pada taraf 5% = 2,02 dan pada taraf 1% = 2,71 ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak. Dan data observasi mencapai 64,58 (bagus) karena pada tingkat 65%-85%.