PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN BANTUAN LABORATORIUM MINI PADASISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 21 PEKANBARU

Main Author: Suhudi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/11278/1/2010_2010278PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/11278/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 21 Pekanbaru melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Bantuan Laboratorium Mini. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 21 Pekanbaru Dapat Ditingkatkan Melalui Penerapan Model Pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 SMP Negeri 21 Pekanbaru dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini dan belajar matematika siswa. Pokok bahasan yang diambil dalam penelitian ini adalah bangun ruang dan sub pokok bahasan yang digunakan yaitu kubus dan balok. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu sebelum model pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini diterapkan, peneliti mengadakan observasi minat, selanjutnya peneliti menerapkan model pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini dan mengamati perkembangan minat belajar matematika dengan mengisi lembar observasi. Data yang diperoleh melalui observasi belajar matematika merupakan data ordinal yang kemudian akan diolah dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat. Setelah dianalisis diketahui terdapat peningkatan signifikan antara minat belajar matematika sebelum dengan setelah tindakan. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan bantuan laboratorium mini diperoleh tabel perhitungan Chi Kuadrat ( χ 2 ) yaitu 70 berarti lebih besar dari taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipoesis alternative diterima. berdasarkan analisis data tersebut analisis dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 21 Pekanbaru.