MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN SURFACE DENGAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DI KELAS VII 1 MTS HIDAYATUL MA’ARIFIYAH PANGKALAN KERINCI PELALAWAN

Main Author: Elfa Yenti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/11240/1/2010_2010237PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/11240/
Daftar Isi:
  • vi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan Surface dengan strategi Inquiring Minds Want To Know di kelas VII 1 MTs Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pembelajaran di kelas yaitu salah satunya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 MTs Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Pelalawan semester genap tahun ajaran 2009/2010. sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan Surface dengan strategi Inquiring Minds Want To Know untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII 1 MTs Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Pelalawan dengan pokok bahasan yang digunakan yaitu Bangun Datar Segiempat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh penulis sendiri dan dibantu oleh salah seorang guru MTs Hidayatul Ma’arifiyah. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali tatap muka dengan tindakan. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan keadaan siswa. Data tentang hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui lembaran tes hasil belajar matematika sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes “t” untuk sample yang tidak berkorelasi. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Dari analisis data yang dilakukan melalui pendekatan Surface dengan strategi Inquiring Minds Want To Know diperoleh t 0 = 5,723 yang berarti lebih besar dari harga t t pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5% dengan demikian hipotesis tindakn adalam penelitian diterima. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa pendekatan Surface dengan strategi Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII 1 MTs Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Pelalawan. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebelum tindakan rata-ratanya 52,88 sedangkan dengan penerapan strategi Inquiring Minds Want To Know rata-rata hasil belajarnya pada silus 1 = 58,08, pada siklus 2 = 65,19, dan pada siklus 3 = 76,15.