PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DENGAN BANTUAN PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 17 PEKANBARU
Main Author: | Desi Agusman, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/11237/1/2010_2010222PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/11237/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Quantum Teaching dengan bantuan Peta Pikiran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIC SMP Negeri 17 Pekanbaru. Adapun perumusan masalahnya adalah “ apakah penerapan metode Quantum Teaching dengan bantuan peta pikiran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa ?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih propesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 17 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebnyak 40 orang. Pokok bahasan yang digunakan adalah garis dan sudut. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes dalam bentuk essay. Tes dilakukan sebanyak empat kali dengan rincian satu kali tanpa penerapan dan tiga kali dengan penerapan metode Quantum Teaching dengan bantuan Peta Pikiran. Setelah data diperoleh, kemudian peneliti menganalisis data data dengan menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan yang signifikan dari dua variabel yang diinferensialkan yaitu hasil belajar matematika sebelum menggunakan metode Quantum Teaching dengan bantuan Peta Pikiran dan hasil belajar matematika sesudah menggunakan metode Quantum Teaching dengan bantuan peta pikiran. Berdasarkan analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Quantum Teaching dengan bantuan peta pikiran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIC SMP Negeri 17 Pekanbaru.