PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KECAMATAN MERBAU KABUPATEN BENGKALIS
Main Author: | Zalinawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/11217/1/2010_2010203PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/11217/ |
ctrlnum |
11217 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/11217/</relation><title>PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM
PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII
SMP NEGERI 3 KECAMATAN MERBAU
KABUPATEN BENGKALIS</title><creator>Zalinawati, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan penerapan pendekatan
investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Merbau KAbupaten
Bengkalis. Adapun perumusan masalahnya adalah “Apakah Penerapan
pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu sustu penelitian
praktis yang bertujuan dikelas dengan cara melakukan tindakan tertentu agar
dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas
secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMPN 3 pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. pokok bahasan yang
digunakan yaitu himpunan.
Instrumenn yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi berupa
tes. Tes yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan perincian satu kali
tanpa penerapan dan tiga kali dengan penerapan pendekatan inveatigasi kelompok
dalam pembelajaran kooperatif. Setelah data diperoleh kemudian peneliti
mengolah data dengan menggunakan computer yang bertujuan untuk mengetahui
ada tidaknya peningkatan yang signifikan dari dua variable yang inferential yaitu
hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan penerapan pendekatan
investigasi kelompok hasil belajara matematika siswa sesudah menggunakan
penerapan pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif .
Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan
investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas
VII SMP Negeri 3 Kecamatan Merbau Kabupaten Bengkalis</description><date>2010-09-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/11217/1/2010_2010203PMT.pdf</identifier><identifier> Zalinawati, (2010) PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KECAMATAN MERBAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>11217</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Zalinawati, |
title |
PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM
PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII
SMP NEGERI 3 KECAMATAN MERBAU
KABUPATEN BENGKALIS |
publishDate |
2010 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/11217/1/2010_2010203PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/11217/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan penerapan pendekatan
investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Merbau KAbupaten
Bengkalis. Adapun perumusan masalahnya adalah “Apakah Penerapan
pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu sustu penelitian
praktis yang bertujuan dikelas dengan cara melakukan tindakan tertentu agar
dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas
secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMPN 3 pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. pokok bahasan yang
digunakan yaitu himpunan.
Instrumenn yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi berupa
tes. Tes yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan perincian satu kali
tanpa penerapan dan tiga kali dengan penerapan pendekatan inveatigasi kelompok
dalam pembelajaran kooperatif. Setelah data diperoleh kemudian peneliti
mengolah data dengan menggunakan computer yang bertujuan untuk mengetahui
ada tidaknya peningkatan yang signifikan dari dua variable yang inferential yaitu
hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan penerapan pendekatan
investigasi kelompok hasil belajara matematika siswa sesudah menggunakan
penerapan pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif .
Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan
investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas
VII SMP Negeri 3 Kecamatan Merbau Kabupaten Bengkalis |
id |
IOS7815.11217 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:09:47Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:09:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821984018497536 |
score |
17.538404 |