PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KECAMATAN MERBAU KABUPATEN BENGKALIS

Main Author: Zalinawati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/11217/1/2010_2010203PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/11217/
ctrlnum 11217
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/11217/</relation><title>PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM&#xD; PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN&#xD; HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII&#xD; SMP NEGERI 3 KECAMATAN MERBAU&#xD; KABUPATEN BENGKALIS</title><creator>Zalinawati, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan penerapan pendekatan&#xD; investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil&#xD; belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Merbau KAbupaten&#xD; Bengkalis. Adapun perumusan masalahnya adalah &#x201C;Apakah Penerapan&#xD; pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar matematika siswa?&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu sustu penelitian&#xD; praktis yang bertujuan dikelas dengan cara melakukan tindakan tertentu agar&#xD; dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas&#xD; secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII&#xD; SMPN 3 pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. pokok bahasan yang&#xD; digunakan yaitu himpunan.&#xD; Instrumenn yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi berupa&#xD; tes. Tes yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan perincian satu kali&#xD; tanpa penerapan dan tiga kali dengan penerapan pendekatan inveatigasi kelompok&#xD; dalam pembelajaran kooperatif. Setelah data diperoleh kemudian peneliti&#xD; mengolah data dengan menggunakan computer yang bertujuan untuk mengetahui&#xD; ada tidaknya peningkatan yang signifikan dari dua variable yang inferential yaitu&#xD; hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan penerapan pendekatan&#xD; investigasi kelompok hasil belajara matematika siswa sesudah menggunakan&#xD; penerapan pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif .&#xD; Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan&#xD; investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas&#xD; VII SMP Negeri 3 Kecamatan Merbau Kabupaten Bengkalis</description><date>2010-09-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/11217/1/2010_2010203PMT.pdf</identifier><identifier> Zalinawati, (2010) PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KECAMATAN MERBAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>11217</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zalinawati,
title PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KECAMATAN MERBAU KABUPATEN BENGKALIS
publishDate 2010
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/11217/1/2010_2010203PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/11217/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan penerapan pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Merbau KAbupaten Bengkalis. Adapun perumusan masalahnya adalah “Apakah Penerapan pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu sustu penelitian praktis yang bertujuan dikelas dengan cara melakukan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. pokok bahasan yang digunakan yaitu himpunan. Instrumenn yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi berupa tes. Tes yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan perincian satu kali tanpa penerapan dan tiga kali dengan penerapan pendekatan inveatigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif. Setelah data diperoleh kemudian peneliti mengolah data dengan menggunakan computer yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan yang signifikan dari dua variable yang inferential yaitu hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan penerapan pendekatan investigasi kelompok hasil belajara matematika siswa sesudah menggunakan penerapan pendekatan investigasi kelompok dalam pembelajaran kooperatif . Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Merbau Kabupaten Bengkalis
id IOS7815.11217
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:09:47Z
last_indexed 2019-07-31T02:09:47Z
recordtype dc
_version_ 1674821984018497536
score 17.538404