PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.2 SMP ISLAM YLPI KECAMATAN SENAPELAN KELURAHAN PADANG BULAN

Main Author: Putri Beta L,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/11215/1/2010_2010184PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/11215/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Islam YLPI Pekanbaru Kecamatan Senapelan Kelurahan Padang Bulan setelah diterapkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII2 melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan metode Inquiry Based Learning (IBL) di SMP Islam YLPI Pekanbaru Kecamatan Senapelan Kelurahan Padang Bulan pada pokok bahasan Segitiga dan Segi empat?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Islam YLPI Pekanbaru yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL) dan tiga pertemuan lagi menerapkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL). Berdasarkan hasil analisis data dari observasi tersebut, diambil kesimpulan yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII2 melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL) di SMP Islam YLPI Pekanbaru Kecamatan Senapelan Kelurahan Padang Bulan.