PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KUALA KERITANG KECAMATAN KERITANG
Main Author: | Nasyirah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/112/1/2013_2013181PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/112/ |
ctrlnum |
112 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/112/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE DISCOVERY
INQUIRY PADA SISWA KELAS V MADRASAH
IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KUALA
KERITANG KECAMATAN
KERITANG</title><creator>Nasyirah, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala
sebagai berikut: Sebamyak 6 siswa dari 16 siswa tidak memahami materi
pelajaran IPS yang diajarkan. Hal ini terlihat dengan adanya siswa yang tidak
dapat menjawab pertanyaan guru tentang materi yang sedang diberikan, siswa
pada semester genap mendapatkan nilai di bawah standar KKM (6.5) atau tidak
mencapai ketuntasan, dan siswa kurang mengusai materi pelajaran IPS yang sudah
diajarkan oleh guru.Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka
rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar IPS dapat
ditingkatkandengan mengunakan metode Discovery Inquiry pada siswa kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten
Indragiri Hilir?”
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang
berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang
Kabupaten Indragiri Hilir kelas V semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah
siswa yang menjadi subyek penelitian adalah 16 orang, terdiri dari 6 orang siswa
laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini
adalah penerapan metode Discovery Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V dalam pembelajaran IPS.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap
hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai 46% kategori “Rendah”, Setelah
dilakukan tindakan pada siklus I melalui penerapan metode Discovery Inquiry,
hasil siswa meningkat menjadi 62,5% kategori “Sedang”. Adapun setelah
dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar materi Peristiwa Sekitar
Proklamasi siswa meningkat kembali menjadi 77% kategori “Baik Sekali”
Artinya ada peningkatan hasil belajar materi Peristiwa Sekitar Proklamasi mata
pelajaran IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang
Kecamatan Keritang.</description><date>2013-12-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/112/1/2013_2013181PGMI.pdf</identifier><identifier> Nasyirah, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KUALA KERITANG KECAMATAN KERITANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>112</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nasyirah, |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE DISCOVERY
INQUIRY PADA SISWA KELAS V MADRASAH
IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KUALA
KERITANG KECAMATAN
KERITANG |
publishDate |
2013 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/112/1/2013_2013181PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/112/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala
sebagai berikut: Sebamyak 6 siswa dari 16 siswa tidak memahami materi
pelajaran IPS yang diajarkan. Hal ini terlihat dengan adanya siswa yang tidak
dapat menjawab pertanyaan guru tentang materi yang sedang diberikan, siswa
pada semester genap mendapatkan nilai di bawah standar KKM (6.5) atau tidak
mencapai ketuntasan, dan siswa kurang mengusai materi pelajaran IPS yang sudah
diajarkan oleh guru.Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka
rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar IPS dapat
ditingkatkandengan mengunakan metode Discovery Inquiry pada siswa kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten
Indragiri Hilir?”
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang
berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang Kecamatan Keritang
Kabupaten Indragiri Hilir kelas V semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah
siswa yang menjadi subyek penelitian adalah 16 orang, terdiri dari 6 orang siswa
laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini
adalah penerapan metode Discovery Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V dalam pembelajaran IPS.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap
hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai 46% kategori “Rendah”, Setelah
dilakukan tindakan pada siklus I melalui penerapan metode Discovery Inquiry,
hasil siswa meningkat menjadi 62,5% kategori “Sedang”. Adapun setelah
dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar materi Peristiwa Sekitar
Proklamasi siswa meningkat kembali menjadi 77% kategori “Baik Sekali”
Artinya ada peningkatan hasil belajar materi Peristiwa Sekitar Proklamasi mata
pelajaran IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kuala Keritang
Kecamatan Keritang. |
id |
IOS7815.112 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:04:35Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:04:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821874825035776 |
score |
17.538404 |