PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KECAMATAN SIAK HULU KAMPAR
Main Author: | Septi Nuryahni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/11178/1/2010_2010179PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/11178/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode make a match dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Siak Hulu Kampar khususnya pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode make a match dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Siak Hulu Kampar pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Kecamatan Siak Hulu Kampar yang berjumlah 29 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman matematika siswa dan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode make a match. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, hasil tes tersebut diberi skor berdasarkan indikator pemahaman konsep dan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan pemahaman matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Kecamatan Siak Hulu Kampar pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Make A Match. Peningkatan yang tertinggi terjadi pada tindakan yang menggunakan langkah-langkah pada RPP III.