PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 5 BANTAN TUA KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS
Main Author: | Winaldi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/11152/1/2010_201032PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/11152/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Bantan Tua Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis setelah diterapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Bantan Tua Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis pada pokok bahasan Himpunan?” Di dalam penelitian tindakan kelas ini, Subjeknya adalah 33 orang siswa SMP Negeri 5 Bantan Tua Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis dan yang menjadi objeknya adalah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Teknik yang dilakukan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi belajar matematika yang dilakukan setiap kali pertemuan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi dalam belajar matematika. Data yang diperoleh melalui observasi ini kemudian diolah sehingga didapatkan hasil mengenai perbandingan antara sebelum dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dari perbandingan tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Bantan Tua Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).