PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AHKLAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) SISWA KELAS VII.A MTsN PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR
Main Author: | Azwir Narti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10967/1/2010_2010320PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10967/ |
Daftar Isi:
- Memperhatikan hasil refleksi awal pada siswa Kelas VII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar, yaitu rendahnya hasil belajar Aqidah Akhlak siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran Value Clarivication Technique. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran VCT pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar pada Tahun Pelajaran 2009-2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tekhnik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan dengan penerapan model pembelajaran Value Clarivication Technique hanya dengan rata-rata 62,8 setelah dilakukan tindakan pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Aqidah Akhlak siswa mencapai 66,9” setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai 71,3. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ Pengunaan strategi pembelajaran VCT akan dapat Meningkatkan hasil belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII di MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar” “Diterima” artinya apabila diterapkan model pembelajaran Value Clarivication Technique (VCT) secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.