PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Yurnita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10950/1/2010_2010205PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10950/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran merupakan aktivitas yang paling penting, karena melalui proses itulah tujuan pendidikan akan tercapai dalam bentuk perubahan prilaku siswa. pembelajaran yang merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah, didalamnya terdapat interaksi antara berbagai komponen pengajaran. Dalam mengajar guru harus mempertimbangkan dan memikirkan kesesuaian metode dengan materi pengajaran, merupakan faktor penting pula dalam keterbukaan dan kesediaan anak untuk belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : a. Pelaksanaan pembelajaran bidang studi Al-Qur’an Hadist di MTs Darul Ulum Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan b. Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran bidang studi Al-Qur’an Hadist di MTs Darul Ulum kecamatan Pangkalan Kerinci kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs. Darul Ulum kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran bidang studi Al- Qur’an Hadits. Untuk menyimpulkan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul akan di analisa dengan teknik desktiftif kualitatif dengan presentase dengan rumus sebagai berikut: P = F N x 100% Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bidang studi Al-Qur’an Hadist di MTs Darul Ulum Kecamatan Pangkalan Kerinci kabupaten Pelalawan dapat dikategorikan “Cukup Baik” dengan persentase 56,57% angka ini, termasuk dalam klasifikasi angka pengukuran 56 % s/d 75 % yang dikategorikan pada cukup baik.