PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH DESA UTAMA KARYA KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Nur Hasanah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10923/1/2010_201043PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10923/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fikih yang berjumlah 2 orang. Sedangkan objeknya adalah Pelaksanaan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa Mata Pelajaran Fikih. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik observasi dilakukan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa. Sedangkan wawancara bertujuan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Observasi dilaksanakan 8 kali dan 2 responden, yang masing-masing diobservasi sebanyak 4 kali. Penulis langsung mengamati proses mengajar yang dilakukan oleh guru fikih bersama siswa. Analisa data menunjukkan bahwa dari 13 aspek yang diamati secara keseluruhan dari responden, 49 (47,11%) guru melaksanakan. Sedangkan yang tidak melaksanakan berjumlah 55 (52,88%). Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar adalah kurang baik.