PENERAPAN STRATEGI BELAJAR KELOMPOK NOMINAL GROUP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII1 MTs PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Mismaryulis, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1090/1/2011_2011503.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1090/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan minat belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs PP Nurul Islam setelah diterapkan strategi belajar kelompok nominal group. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “ Bagaimana peningkatan minat belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs PP Nurul Islam dengan penerapan strategi belajar kelompok nominal group pada pokok bahasan lingkaran?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini guru berkolaborasi dengan peneliti dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 PP Nurul Islam yang berjumlah 27 orang dan objek penelitian ini adalah strategi belajar kelompok nominal group untuk meningkatkan minat siswa. Penelitian diawali dengan pertemuan awal (tanpa tindakan) dan tiga siklus (dengan tindakan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu satu kali pertemuan sebelum tindakan, peneliti mengadakan observasi awal pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mengisi lembar observasi minat, selanjutnya peneliti menerapkan strategi belajar kelompok nominal group, serta mengamati perkembangan minat siswa dengan mengisi lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dari perbandingan tersebut, diambil kesimpulan yaitu terjadi peningkatan minat belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs PP Nurul Islam melalui penerapan strategi belajar kelompok nominal group.