PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS MATA KULIAH STRUKTUR DATA)
Main Author: | Suparjo Rustam, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10894/1/2010_2010111TIF.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10894/ |
Daftar Isi:
- Struktur Data adalah mata kuliah wajib di Jurusan Teknik Informatika UIN Suska RIAU. Mata kuliah ini memiliki materi yang cukup sulit dipahami seperti rekursi dan iterasi, stack, queue dan pointer. Materi-materi membahas algioritma yang bersifat abstrak, sehingga sulit dipahami dan dimengerti mahasiswa karena tidak adanya visualisasi yang menjelaskan proses – proses internal dari algoritma – algoritma tersebut. Penulis mencoba membuat suatu perangkat lunak pembelajaran berbasis multimedia untuk mata Struktur Data. Aplikasi ini menyajikan materi Struktur Data ditambah dengan visualisasi dalam bentuk animasi untuk memperkuat pemahaman mahasiswa. Metodologi yang dilakukan pada penelitian ini adalah studi pustaka, dan analisis. Perancangan dan implementasi menerapkan konsep pengembangan multimedia, sehingga suatu bentuk perangkat lunak pembelajaran terbentuk menggunakan Action Script Macromedia Flash MX. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perangkat lunak pembelajaran untuk matakuliah struktur data yang bisa digunakan sebagai alat bantu pembelajaran baik dosen maupun mahasisiwa sebagai media pembelajaran mandiri. Kata Kunci : algoritma, animasi, multimedia, struktur data, visualisasi.