MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION RE-READ QUESTION COMPUTE QUESTION DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII MTsN PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Minarni Eka Sasri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1083/1/2011_2011448.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1083/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTsN Padang Mutung melalui penerapan strategi Survey Question Re-Read Question Compute Question dalam model pembelajaran langsung. Adapun rumusan masalahnya adalah” Bagaimanakah Penerapan Strategi Pembelajaran Survey Question Re-Read Question Compute Question dalam Pembelajaran Langung dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa kelas VIII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc MTsN Padang Mutung yang berjumlah 19 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Adapun analis skor ketuntasan yang diperoleh pada pra tindakan secara klasikal adalah 15,78%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah 63,15% dan siklus II adalah 89,74%. Dari data yang dipaparkan ini, dapat disimpulkan bahwasanya penerapan strategi Survey Question Re-Read Question Compute Question dalam model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya untuk kategori pemecahan masalah matematika.