PENERAPAN STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM INFORMASI PERHOTELAN (Studi Kasus: Hotel Mutiara Merdeka)

Main Author: Nanda Lesmana Putra,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10615/1/2010_201049SIF.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10615/
Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi menuntut bisnis perhotelan meningkatkan pelayanan yang baik, peningkatan bisnis sulit dicapai jika tanpa menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Dengan adanya faktor tingkat persaingan bisnis perhotelan, kepuasan pelanggan terhadap layanan hotel, tidak memahami keinginan dan komplaint pelanggan dan sebagainya. Disisi lain data historis register pelanggan tidak terarsip dengan baik karena tidak ada sistem informasi yang memadai sehingga loyalitas pelanggan sulit diberi penilaian. Salah satu strategi pelayanan serta menjalin relasi yang baik dengan pelanggan adalah dengan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Sisten informasi perhotelah yang dibangun dengan pendekatan CRM ini pada Hotel Mutiara Merdeka diharapkan dapat meningkatkan aspek-aspek penjualan dan layanan kepada pelanggan. Kata kunci : Aplikasi CRM, Sistem Informasi Perhotelan