PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS XI IPA MAN I PEKANBARU

Main Author: Sri Atika Dwiyanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10507/1/2010_2010392PK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10507/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian Tindakan Kelas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI IPA2 MAN I Pekanbaru pada pokok bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi yang dilakukan 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan tiga pertemuan lagi menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah sebesar 62,78, sedangkan pada siklus I sebesar 67,50, pada siklus II sebesar 71,11, dan pada siklus III sebesar 77,50, yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA2 MAN I Pekanbaru.