PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X A2 MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Main Author: Murniasih,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10506/1/2010_2010391PK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10506/
Daftar Isi:
  • Satu faktor rendahnya hasil belajar siswa adalah rendahnya motivasi dan minat belajar siswa, dimana dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Salah satu alternatif proses pembelajaran aktif dan kreatif adalah dengan menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here (ETH). Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X A2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Adapun objek penelitian ini adalah Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon, dan subjeknya adalah Siswa Kelas X A2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Serta penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2010. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakasanakan dengan 3 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu dengan hasil tes akhir pembelajaran sebelum dan sesudah tindakan. Untuk menguji apakah pembelajaran dengan menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka rumus yang digunakan yaitu rumus deskriptif. Dari data analisis hasil belajar siswa, hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebelum tindakan 45,71 %, siklus I 60 %, siklus II 88,57 %, sedangkan pada siklus III 88,57 %. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar kimia siswa kelas X A2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dapat ditingkatkan dengan menggunakan Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here (ETH), khususnya pada pokok bahasan hidrokarbon.