UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII MTsN PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR
Main Author: | Muhammad Nasrun, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10479/1/2010_2010267PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10479/ |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial berfungsi sebagai Ilmu pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan sikap rasional tentang gejala-gejala sosial, serta kemampuan tentang perkembangan masayarakat Indonesia dan masyarakat dunia di masa lampau atau masa kini. Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu kemampuan yang dimiliki murid setelah menerima pengalaman belajar. Berdasarkan study pendahuluan pada siswa Kelas VIII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar, setelah dilakukan tes awal hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa rendah, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Pembelajaran koopertif tipe STAD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Kelas VIII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar. Penelitian dilaksanakan Selama 3 bulan di Kelas VIII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar pada Tahun Pelajaran 2008-2009. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari, sedangkan Ketuntasan Kelas Maksimum untuk mata pelajaran IPS di MTsN Padang Mutung yaitu dengan nilai 70. Sedangkan berdasarkan hasil tes yang dilakukan sebelum penerapan pembelajaran koopertif tipe STAD nilai yang diperoleh siswa hanya dengan rata-rata 63. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan rata-rata 68, dan ketuntasan kelas mencapai 50% dari keseluruhan siswa setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 73,48, dan ketuntasan kelas mencapai 100%. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar di “Diterima” artinya apabila diterapkan model pembelajaran koopertif tipe STAD secara benar maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.